Saturday 25 February 2012

HILANGNYA SEBUAH IDE...

Mandegnya sebuah ide terkadang sangat menyebalkan, saat kita sudah berada di depan komputer, ide itu seolah - olah hilang bahkan sama sekali tidak muncul. Saat kita tidak berada di depan komputer maka banyak ide yang hinggap di otak kita dan saat itu juga kita sangat ingin untuk cepat - cepat menuangkan ide tersebut. Namun ada yang mengatakan bahwa saat kita mengalami kemandegan dalam menghasilkan sebuah ide, sebenarnya tidak pernah terjadi kemandegan ide dalam arti yang sebenarnya, tapi kondisi yang membuat kita harus menghasilkan sebuah ide yang mesti kita tuangkan saat itu juga menjadikan otak kita juga berada dalam under pressure. Orang tersebut juga mengungkapkan bahwa kondisi tersebut tidak lantas memperbolehkan kita untuk tidak menuangkan ide saat itu juga. Proses penuangan ide mesti terus berlangsung, meskipun untuk memulainya sangat sulit. Tapi itu hanya terjadi pada satu jam pertama, setelah itu kita akan jauh lebih mudah untuk meneruskan atau bahkan memperbaiki ide - ide yang telah muncul.
Pembelajaran menuangkan sebuah ide dalam bentuk tulisan perlu banyak latihan. Hal itu untuk mulai membiasakan seseorang untuk berbagi hal dalam bentuk tulisan, yang tidak hanya sekedar tulisan, namun tulisan itu nantinya akan mampu mewakili pemahaman dari sebuah ide yang dimiliki oleh si penulis. Minimal tafsir yang dimiliki oleh pembaca mampu mendekati tafsir dari si penulis.
Mulai lah untuk menulis meskipun pada awalnya memang sangat sulit. Mulailah membiasakan menuangkan sebuah ide dalam bentuk tulisan meskipun tulisan yang kita tulis belum memenuhi kaidah penulisan. Tapi itulah proses pembelajaran yang memalui proses untuk mengawali, membiasakan sampai kita mahir untuk mulai menuangkan ide dalam sebuah tulisan. Oleh karena itu ketika kalian mulai untuk mengawali sesuatu, maka sabarlah dan kesulitan dalam proses mengawali jangan lantas membuat kita terus berputus asa, karena pada proses ini akan sangat terlihat siapa yang memiliki pribadi tahan banting atau tidak.
Dalam Novel "Ranah 3 Warna" karya Ahmad Fuadi, Imam Syafi'i pernah mengatakan (1) Tamaklah dalam Belajar, (2) Sabarlah, dan (3) Hormati gurumu.
Mari kita sama - sama belajar menuangkan ide dalam sebuah tulisan...


Sidareja, 25 Februari 2012 (12.00 WIB)
QURRATUL A'YUNIN
 

fb comment box

by Facebook Comment