Saturday 25 February 2012

KARISMAMU... IDOLAKU... PEMIKIRANKU...

Karisma seseorang sungguh tidak bisa dibohongi, ada sebagian orang memiliki karisma yang luar biasa, seperti halnya karisma yang dimiliki oleh seorang pemimpin suatu organisasi. Namun ada pula yang harus berusaha dengan keras untuk memunculkan karismanya, seperti melalui kemampuan yang dimilikinya atau bahkan mungkin melalui bentuk fisik yang coba dibenahi dengan berbagai macam produk kecantikan. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam rangka memunculkan karismanya.
Hal itu tidak terlepas dari kualitas diri yang luar biasa, bisa dikatakan mind set yang telah terbentuk telah memunculkan karisma dengan sendirinya. Ada banyak perbedaan yang kentara antara orang - orang yang berpengetahuan rendah dengan orang - orang yang berpengetahuan tinggi, seperti halnya pancaran aura, cara berbicara dan bahasa tubuh yang meskipun tidak dibuat - buat namun semua itu akan muncul seiring kemampuan yang juga meningkat. Kita harus membenahi mind set kita dalam memandang seorang manusia, karena tanpa kita sadari sebenarnya kita sedang dibawa pada kondisi yang hanya mementingkan pada bentuk fisik dan gaya berpakaian saja. Ada pepatah yang mengatakan "Jangan pernah lihat dari sampulnya saja-apa yang terlihat". Bentuk fisik dan cara berpakaian seseorang memang penting tapi itu tidak menjadi hal yang utama yang kemudian kita melupakan esensi dari proses pembelajaran, proses kehidupan kita dan cara pandang kita terhadap sesuatu.
Saya dan salah satu kawan memiliki pandangan yang sama mengenai karisma yang dimiliki oleh pemimpin suatu organisasi, ketika kita berada di dalam organisasi maka dengan serta merta kita akan sangat respek dengan setiap ucapan pemimpin kita. Bahkan ada yang menjadikan setiap perkataannya menjadi sebuah kebenaran yang tak terbantahkan. Mimik wajahnya ketika menyampaikan sesuatu pun tidak luput dari pengamatan. Ketertarikan pada setiap ucapannya memudahkan pemimpin tersebut untuk menyampaikan sebuah ide atau bahkan untuk menanamkan sebuah idealismenya, dalam bahasa ekstrimnya adalah melakukan suatu doktrinisasi.
Namun saat kecintaan terhadap pemimpin yang juga diiringi kecintaan terhadap sebuah organisasi muncul begitu besar, maka saat itulah ancaman terhadap kepentingan yang jauh lebih besar pun muncul, seperti halnya rasa nasionalisme yang akan terkalahkan oleh kepentingan organisasi. Padahal perbedaan yang muncul yang terjadi pada setiap organisasi harusnya menjadi proses pengkayaan dalam diri kita agar terlihat jauh lebih indah dan bermakna. Pemikiran banyak orang yang kemudian disatukan akan menjadi warna yang sangat indah dan akan jauh lebih sempurna.
Mari kita buka pemikiran kita selebar - lebarnya agar pemikiran kita jauh lebih banyak/ kaya, lebih sempurna (meskipun tidak bisa sempurna) dan jauh lebih indah.


PRUMPUNG, 25 FEBRUARI 2012 (20.30 WIB)
QURRATUL A'YUNIN

fb comment box

by Facebook Comment